Pentingnya Protein Hewani untuk Mencegah Stunting

Administrator 01 Juli 2024 10:36:20 WIB

Pemerintah Kalurahan Sumbermulyo berkomitmen dalam pemberian PMT pada balita. Hal ini merupakan kerjasama program bersama Puskesmas Bambanglipuro. Dalam pemberian PMT, menu protein hewani menjadi diutamakan. Protein hewani memainkan peran penting dalam pencegahan stunting, terutama pada anak-anak. Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan yang terjadi ketika anak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama protein, dalam masa pertumbuhannya. Protein hewani, seperti yang terdapat dalam daging, telur, dan produk susu, mengandung asam amino esensial yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk pertumbuhan otot, tulang, dan jaringan lainnya.

Kekurangan protein hewani dalam diet anak-anak dapat menyebabkan stunting karena tubuh mereka tidak memiliki bahan bakar yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, memastikan anak-anak mendapatkan asupan protein hewani yang cukup dapat membantu mencegah stunting dan mendukung pertumbuhan yang optimal. Menu protein hewani dalam pemberian Program Makanan Tambahan (PMT) untuk balita sangat penting karena protein hewani mengandung nutrisi penting seperti asam amino esensial, zat besi, dan vitamin B12 yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Sebagai contoh dalam sejarah, tercatat bahwa penduduk Nusantara pada umumnya berbadan tinggi besar. Hal ini disebutkan oleh Tome Pires, seorang penjelajah Portugis yang mengunjungi Jawa pada kurun waktu 1512-1515. Dalam catatannya yang berjudul Suma Oriental, disebutkan ciri-ciri fisik penduduk Jawa pada abad ke-16. Pires menyebutkan bahwa penduduk Jawa pada masa itu cenderung memiliki tubuh besar dan tinggi. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh asupan penduduk Jawa masa itu yang kaya akan protein hewani. Pada masa itu, Jawa adalah bangsa maritim yang banyak beraktifitas di laut. Makanan penduduk jawa juga banyak berasal dari hasil tangkapan di laut seperti aneka ikan dan makhluk laut lainnya. Terkait dengan asupan protein dari makanan laut yang sering mereka dapatkan, ini memang bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi ciri-ciri fisik tersebut. Makanan laut, seperti ikan dan seafood lainnya, kaya akan protein hewani yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik yang optimal. Protein hewani mengandung asam amino esensial yang mendukung pembentukan jaringan tubuh, termasuk otot dan tulang.

Komentar atas Pentingnya Protein Hewani untuk Mencegah Stunting

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License