Pelatihan Pantarlih dan BIMTEK E-Coklit

Administrator 25 Juni 2024 08:48:29 WIB

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dilantik pada Senin (24/05/2024) di Aula Balai Kalurahan Sumbermulyo. Pantarlih Pemilu 2024 dibentuk oleh PPS untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu dan Pemilihan. Tentang Pantarlih Pemilu 2024 juga telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022. Acara dihadiri oleh para petugas pantarlih yang dilantik, disertai PPS, Lurah, Ketua Bamuskal, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Selain pelantikan pantarlih, acara hari itu juga termasuk bimbingan teknis mengenai sistem pencocokan dan penelitian berbasis elektronik (e-Coklit). Penggunaan teknologi informasi di era saat ini menjadi keharusan. Inovasi dan efisiensi terus didorong seiring kebutuhan masyarakat akan proses yang cepat dan efisien. Begitu pula dibidang kepemiluan, KPU sejak beberapa tahun terakhir memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini untuk menunjang kerja dan tugasnya. Melalui Aplikasi e-Coklit, KPU berharap, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Pantarlih bukan hanya sekadar proses administratif, melainkan juga representasi dari komitmen untuk menjaga integritas dan keadilan dalam sistem demokratis. Dengan adanya pantarlih yang efektif, masyarakat dapat memiliki kepercayaan yang lebih besar terhadap proses politik dan hasil pemilu yang dihasilkan. Ini juga memungkinkan untuk mencegah kecurangan atau manipulasi yang dapat merusak legitimasi institusi demokratis.

Dalam sebuah negara demokratis, keberadaan pantarlih yang kuat dan independen adalah kunci untuk memastikan bahwa suara setiap warga negara benar-benar terwakili dalam proses politik. Oleh karena itu, pengembangan dan penguatan sistem pantarlih merupakan investasi jangka panjang dalam membangun fondasi demokrasi yang stabil dan berkelanjutan.

 
 
 
 

Komentar atas Pelatihan Pantarlih dan BIMTEK E-Coklit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License