Kenduri Lintas Agama di Gereja HKTY Ganjuran

Administrator 20 Juni 2024 10:16:24 WIB

Sebagai agenda tahunan, setiap tahun di bulan Juni diadakan Kenduri Bersama Lintas Agama di Gereja HKTY Ganjuran. Acara ini juga bertujuan untuk melestarikan tradisi yang ada (kebudayaan Jawa). Kenduri ini dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Juni sejak tahun 1999 hingga sekarang. Acara yang bertajuk Kenduri Agung Lintas Iman ini dilaksanakan kemarin pada Rabu (19/06/2024) di halaman Candi HKTY Ganjuran. 

Dalam Kenduri Agung Lintas Iman ii pihak gereja HKTY bermaksud mengucapkan rasa syukur atas keberadaan gereja di tengah-tengah masyarakat yang plural. Para peserta kenduri pun berasal dari berbagai kalangan, ada pemerintah setempat, forkompinkap, aparat, tokoh agama dan tokoh masyarakat hingga khalayak pada umumnya. Walaupun diselenggarakan oleh pihak gereja, namun acara kenduri ini juga mengundang masyarakat dari berbagai agama. Semua duduk bersama tanpa sekat dan tanpa pembeda. Tidak ada tempat duduk khusus berdasarkan pangkat atau semacamnya. Semua merasakan kedamaian dan kebersamaan dalam prosesi tersebut. 

Acara kenduri ini dipimpin oleh Romo Raymundus Sugihartanto Pr. ( romo vikaris paroki HKTY Ganjuran). Selain itu untuk berdoa setiap agama diwakili oleh pemuka masing-masing yaitu dari pemuka 7 agama, Islam, Kristen, Penghayat Kepercayaan, Konghucu, Hindu, Budha dan katolik.

 

Komentar atas Kenduri Lintas Agama di Gereja HKTY Ganjuran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License