Merti Wayang Beber dalam rangka Hari Lahir Pancasila

Administrator 03 Juni 2024 08:05:13 WIB

Museum Wayang Beber Sekartaji mengadakan event besar menyambut Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024. Acara yang dihadiri para penggiat museum di Yogyakarta ini dihadiri oleh Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih beserta rombongan dari Dinas Kebudayaan dan Kemendikbudristek. Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila ini Museum Sekartaji mengadakan Merti Wayang Beber yang merupakan serangkaian kegiatan dari pagi hingga tengah malam. 

Acara dimulai dengan lomba mewarnai untuk anak-anak, kemudian pembukaan dan upacara ritual Merti Wayang Beber oleh para pengasuh dari beberapa sanggar kesenian. Bupati Bantul beserta rombongan, didampingi oleh Panewu Bambanglipuro, Tri Manora, S.Sos beserta Forkomponkap dan Lurah Sumbermulyo mengikuti acara dengan khidmat. Setelah acara pembukaan dan ritual Merti Wayang Beber selesai dilanjutkan dengan kirab garuda dan gunungan mengelilingi Padukuhan Kanutan.

Pada siang harinya, dipentaskan reog wayang dari Paguyuban Reog Kusuma Yudha hingga menjelang maghrib. Acara kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara seni lainnya hingga puncaknya yaitu pementasan kethoprak. Para warga berdatangan untuk menyaksikan berbagai pentas seni. Bukan hanya warga Kanutan dan Siten namun juga dari berbagai penjuru Sumbermulyo, Gilangharjo, dan wilayah-wilayah lainnya.

Untuk melihat gambaran yang lebih jelas tentang pelaksanaan kegiatan ini, silakan klik tauran di bawah ini:

https://www.facebook.com/pages/Museum-Wayang-Beber-Sekartaji/1756009517839364

 

Komentar atas Merti Wayang Beber dalam rangka Hari Lahir Pancasila

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License