Pelatihan Pemulihan Jiwa, Penyembuhan Trauma dan Luka Batin untuk Kader Kalurahan

Administrator 29 Mei 2024 09:28:32 WIB

Menghadapi beban kerja yang lumayan berat, para kader perlu mengembalikan kesehatan mental. Di jaman modern ini kesehatan mental menjadi bahasan yang tidak kalah menarik dibanding kesehatan fisik. Apalagi untuk para kader kalurahan yang melaksanakan banyak tugas mulai dari pendataan, pengolahan data, hingga penyelesaian laporan. Untuk itulah Kamituwa mengadakan bimbingan untuk menjaga kesehatan mental para kader bekerjasama dengan Puskesmas Bambanglipuro. 

Acara workshop dilakukan pada Selasa (28/05/2024) di Aula Balai Kalurahan Sumbermulyo. Dengan mengundang narasumber Lisa Puspasari, S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Puskesmas Bambanglipuro. Beliau menerangkan sekaligus mengajarkan metode-metode untuk menjaga dan memelihara kesehatan mental. Ada banyak metode yang kesemuanya mempunyai kata kunci yaitu mindfulness atau fokus pada keadaan yang ada di sekitar. Dalam berbagai penjelasan, mindfulness adalah suatu bentuk kesadaran, sehingga seseorang akan lebih terkendali dan sejahtera secara mental. Mindfulness sendiri adalah suatu praktik mental di mana seseorang fokus pada kehadiran saat ini dengan penerimaan yang tidak bersyarat terhadap pikiran, perasaan, sensasi tubuh, dan lingkungan sekitarnya. Ini melibatkan kesadaran yang penuh perhatian terhadap apa pun yang terjadi pada saat ini tanpa menilai atau bereaksi terhadapnya. Praktik ini sering melibatkan meditasi, tetapi juga dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari seperti berjalan, makan, atau berbicara. Tujuan dari mindfulness adalah untuk meningkatkan kesadaran diri, mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan mempromosikan kesejahteraan emosional dan mental secara keseluruhan.

Dalam pelatihan ini, Lisa Puspasari mengajarkan para kader untuk bermeditasi dan melepaskan beban kepenatan mental. Dengan duduk santai, mengatur dan mengamati pola napas, maka seluruh urat syaraf dan ketegangan akibat beban emosional dapat dilepaskan sedikit-demi sedikit. Hal ini merupakan proses panjang yang perlu untuk dilakukan sebagai bentuk perawatan diri, bahkan gaya hidup. Ke depannya Nur Hadiyanto, Kamituwa Kalurahan Sumbermulyo mengupayakan untuk menjadikan ini sebagai bagian dari aktivitas para kader. Program lanjutan yang akan disusun akan menjadi bagian integral dari perawatan (maintenance) dari kondisi mental para kader, ungkap Nur Hadiyanto. 

Komentar atas Pelatihan Pemulihan Jiwa, Penyembuhan Trauma dan Luka Batin untuk Kader Kalurahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License