Seminar dan Dialog Budaya di Museum Sekartaji

Administrator 25 April 2024 12:49:57 WIB

Museum Wayang Beber "Sekartaji" mengadakan Seminar dan Dialog Budaya dengan tema "Museum sebagai gerbang budaya Nusantara". Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (25/04/2024) di Museum Sekartaji yang beralamat di Gg. Pancasila, Dusun Kanutan RT.08, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, dan menghadirkan narasumber yaitu Iskandar M. Siregar ( pamong budaya ahli madya MCB) dan KH. M. Jadul Maulana (Ketua Lesbumi). Bertindak sebagai moderator adalah Luciana Devi S.SOS., M.I.KOM dari dari Unsoed. Menurut kontributor web desa yaitu Dukuh Kanutan, E. Wahyu Wijanarko, seminar dan dialog budaya ini bertujuan untuk melestarikan, konservasi dan melindungi serta menjaga peninggalan2 benda serta budaya.

Museum Sekartaji sendiri didirikan sejak tahun 2017 dan diresmikan oleh Bupati Bantul yaitu Drs. H. Suharsono. Museum ini merupakan museum pertama di Indonesia bahkan dunia yang khusus menyajikan koleksi lukisan wayang beber. Dicuplik dari sumber resminya, museum ini menampilkan koleksi dari wayang beber karya Mbah Ning (Hermin Istiariningsih), karya Dani Iswardhana, karya Indra Suro Inggeno, dan seniman wayang beber lainnya.  Museum ini dinamai "Sekartaji" sebagai tetenger yang merupakan sebuah candrasengkala singkatan dari Semedi Cakra Jawata Aji. Sengkalan tersebut melambangkan angka tahun  Jawa 1951 atau tahun 2017 Masehi.  

 

 

Komentar atas Seminar dan Dialog Budaya di Museum Sekartaji

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License