Persiapan PPBMP tahun 2025

Administrator 28 Maret 2024 08:16:45 WIB

Sebagai kelanjutan dari program PPBMP tahun-tahun sebelumnya, Sumbermulyo mengadakan pertemuan untuk merencanakan PPBMP periode selanjutnya. Pertemuan digelar di aula Balai Kalurahan Sumbermulyo pada Rabu (27/03/2024) pagi dari jam 09.00 WIB sampai selesai. Pertemuan kali ini baru pada taraf persiapan penyelenggaraan Musyawarah Padukuhan (musduk).

Pertemuan ini dihadiri Pemerintah kalurahan (lurah dan bamuskal), para dukuh dan pendamping desa. Dukuh nantinya akan menerangkan kepada warganya terkait apa saja perubahan yang ada dalam proses perencanaan PPBMP kali ini. Setelah itu diharapkan setiap padukuhan akan melaksanakan musduk dihadiri para ketua RT dan tokoh masyarakat, serta anggota Bamuskal dari dapil masing-masing. Hasil dari musyawarah padukuhan ini akan dibawa ke musyawarah kalurahan khusus PPBMP. Di sana akan dilakukan pertimbangan masalah skala kepentingan (prioritas) dan layak tidaknya program itu diajukan. Setelah dikunci di musyawarah kalurahan, maka berikutnya hasil musyawarah tersebut akan dilanjutkan ke tingkat kapanewon, dan akhirnya menuju Kabupaten.

Proses pembuatan dan perencanaan anggaran maupun program pemerintah kalurahan ini hendaknya dipahami setiap warga masyarakat. Sebab jika tidak dipahami akan berpotensi menyebabkan kesalahpahaman dan prasangka buruk terhadap pemerintah. Warga masyarakat hendaknya juga memahami ranah wewenang atas kebijakan dan wilayah. Misalnya terkait infrastruktur yaitu jalan yang rusak, warga harus memahami dulu apakah jalan itu merupakan jalan kabupaten, jalan kalurahan, ataukah jalan dusun. Sehingga nanti usulan perbaikan jalan akan disampaikan secara tepat kepada yang benar-benar berwenang. Jangan sampai warga salah mengarahkan usulan, bahkan sampai menuduh pemerintah kalurahan tidak mau mengurusi hal tersebut padahal persoalan yang dimaksud ternyata bukan ranahnya pemerintah kalurahan.

Komentar atas Persiapan PPBMP tahun 2025

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License