Belajar Kesehatan Jiwa bersama PKK

Administrator 07 Desember 2023 09:04:29 WIB

Bagaimana pendapat Anda tentang kesehatan jiwa? Bagaimana jika dikatakan "Jiwa yang sehat, berasal dari keluarga yang sehat, dan menjaga kesehatan jiwa seluruh masyarakat merupakan tugas semua pihak"? Itulah tema yang diusung dalam Sosialisasi Kesehatan Jiwa "Update Knowledge: Gerakan Masyarakat Sadar Kesehatan Mental" pada Kamis (07/12/2023).

Narasumber dalam acara ini adalah Dr. dr. Warih Andan Puspitosari, M.Sc, SpKJ (K). beliau adalah salah satu dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Acara ini merupakan program dari Kamituwa Kalurahan Sumbermulyo, menanggapi keluhan para kader PKK dan kader kesehatan mengenai hal-hal yang mereka temui di masyarakat. Kita tidak hanya berbicara mengenai ODGJ, tetapi berbicara mengenai kesehatan mental secara umum yang mana setiap orang mengalaminya, kata Bu Warih. 

Dalam acara ini, Bu Warih menjelaskan banyak hal, termasuk bagaimana menangani depresi. Kita harus mengenali dulu faktor-faktor penyebab atau sumber gangguan mental. Bisa Jadi seseorang itu religius dan kuat imannya tetapi karena beban di sekelilingnya terlampau berat, maka dia bisa juga depresi, imbuhnya. Menurut Bu Warih, orang yang terkena gangguan mental tidak boleh langsung dibilang kurang iman, lalu diceramahi ajaran agama atau diajak beribadah dulu. Dia harus diterima dulu lalu pelan-pelan diajak melakukan hal-hal yang positif sembari menghindari sumber gangguan. Masyarakat di sekeliling secara sadar ataupun tidak justru bisa menjadi penyebab gangguan mental seseorang. Ini mirip seperti ODGJ yang dinyatakan sembuh oleh RSJ namun begitu tiba di rumah dipanggil tetangga sebagai orang gila, maka kumat lagilah dia, jelas Bu Warih.

Para peserta yang terdiri dari kader PKK dan kader kesehatan nampak dengan khidmat mengikuti acara. Ada beberapa yang bertanya kepada narasumber. Meskipun jawaban tidak selalu memadai karena keterbatasan waktu, namun para peserta cukup merasa senang dengan diskusi yang ada di akhir acara. Berikutnya, para peserta berharap dari pihak Kamituwa akan memberikan sesi lanjutan atau tindak lanjut dari acara ini, sehingga tidak hanya menjadi sekedar sosialisasi tapi ada pelatihan dan tindakan juga terkait kesehatan mental masyarakat.

 

Komentar atas Belajar Kesehatan Jiwa bersama PKK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License