Waspada Dampak El Nino dan Kemunduran Musim Hujan

Administrator 06 Desember 2023 15:03:46 WIB

Dalam acara Rapat Komprehensif Mengantisipasi Potensi Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Bantul tahun 2023/2024 Rabu pagi (06/12/2023) Sigit Hadi Prakosa, S.IP dari BMKG menerangkan bahwa dampak dari kemunduran musim hujan akibat fenomena El Nino akan berdampak pada perubahan cuaca secara luas. Semua pihak perlu mengantisipasi potensi bencana yang mungkin akan terjadi akibat angin dan hujan. Potensi bencana yang mungkin terjadi diantaranya pohon tumbang atau baliho roboh, sambaran petir, banjir, dan tanah longsor. Hal-hal tersebut berpotensi terjadi di kawasan Bantul, dari Kulon Progo hingga Gunungkidul.

Fenomena El Nino telah menjadi perhatian global dalam beberapa tahun terakhir, dan dampaknya semakin nyata di Indonesia. Dikutip dari bmkg.go.id pada (30/10/2023) dalam acara Rakornas Pengendalian Inflasi pada tanggal 31 Agustus 2023, Presiden Joko Widodo menyampaikan kekhawatiran tentang krisis pangan yang semakin dekat akibat El Nino dan pembatasan ekspor produk pangan. El Nino mempengaruhi pola iklim dan curah hujan di Indonesia, menyebabkan musim kemarau yang panjang dan kekeringan ekstrim di beberapa wilayah. Selain itu, banyak negara pengekspor pangan juga telah membatasi ekspor mereka untuk menjaga pasokan dalam negeri, yang semakin meningkatkan risiko krisis pangan.

Pada kesempatan Focus Group Discussion (FGD)/Round Table Discussion (RTD) Wantannas bertajuk "Antisipasi dan Penanggulangan Krisis Pangan Akibat El Nino dan Pembatasan Ekspor Produk Pangan", Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan bahwa kondisi iklim dan cuaca di Indonesia sangat kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. El Nino, sebagai salah satu dampak dari suhu laut yang lebih hangat di Samudera Pasifik, mempengaruhi pola curah hujan di Indonesia. Ketika El Nino aktif, Indonesia mengalami musim kemarau yang panjang, mengakibatkan kekeringan dan kurangnya pasokan air.

El Nino yang terjadi bersamaan dengan awal musim penghujan mengakibatkan suhu udara terasa terik dan mundurnya awal musim penghujan di DIY. Untuk menghadapinya, Stasiun Klimatologi BMKG DIY pun mengimbau petani dapat mengikuti perkembangan informasi iklim agar tidak gagal tanam dan panen, sebagaimana dikutip dari jogjapolitan.harianjogja.com pada (15/11/2023). 

Komentar atas Waspada Dampak El Nino dan Kemunduran Musim Hujan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License