Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kedon

Administrator 04 Desember 2023 14:44:32 WIB

Sebagai bagian dari program PPBMP, pelatihan pengelolaan sampah melakukan estafet antar padukuhan di Kalurahan Sumbermulyo. Sesuai jadwal yang telah disusun, Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dilaksanakan di Kedon pada hari Minggu (03/12/2023). Ada sekitar 30 orang peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, terdiri dari para kader padukuhan dan pemuda. 

Narasumber yang datang adalah Fathoni Febriyanta, Pendamping dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul. Pelatihan berlangsung di kediaman Dukuh Kedon, Bapak Maryata. Pelatihan kali ini sebenarnya menggunakan metode pengolahan sampah yang sudah cukup familiar dengan warga Sumbermulyo, yaitu Ember Tumpuk. Caranya, ada dua ember yang disusun atas dan bawah. Untuk sampah organik yang terdiri dari sisa-sisa makanan dan masakan dapur dimasukkan ke ember bagian atas. Sampah akan membusuk dan menghasilkan cairan organik serta belatung atau maggot. Ember ini disusun sedemikian rupa sehingga tidak mengeluarkan bau meski terjadi dekomposisi atau pembusukan sampah di dalamnya. Cairan organik yang dihasilkan dapat berfungsi sebagai pupuk organik dan katalis dekomposisi di tanah sehingga menyuburkan tanaman. sementara maggot bisa dipanen untuk pakan ternak seperti ayam dan ikan. 

Para warga peserta pelatihan tampak antusias dalam mengikuti pelatihan. Metode yang digunakan bukan lagi hal yang asing bagi mereka, dan alat yang dipakai dapat dibuat sendiri dengan biaya yang murah. 

 

Komentar atas Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kedon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License