Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023

Administrator 10 November 2023 10:55:28 WIB

Pagi ini, Jumat (10/11/2023) halaman Kapanewon Bambanglipuro digunakan untuk upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023. Peringatan kali ini mengambil tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolsek Bambanglipuro, AKP Rusdiyanto S.Pd. Para peserta terdiri dari jajaran Pemerintah Kapanewon, Lurah, Pamong, dan Staf Kalurahan seluruh Bambanaglipuro, dan siswa-siswi dari beberapa sekolah di Kapanewon Bambanglipuro.

Peringatan Hari Pahlawan memiliki makna yang dalam bagi bangsa Indonesia. Hari ini tidak hanya untuk mengenang para pejuang yang telah gugur, tetapi juga untuk menginspirasi generasi muda dan seluruh warga Indonesia untuk tetap mempertahankan nilai-nilai kejuangan, nasionalisme, dan semangat patriotisme. Peringatan Hari Pahlawan juga mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kemerdekaan, kebebasan, dan kedaulatan negara.

Peringatan Hari Pahlawan bermula dari peristiwa yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur. Saat itu, Indonesia baru saja memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, namun para pejuang dan pemerintah masih harus menghadapi tantangan besar dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan yang baru saja diraih. Salah satu peristiwa paling bersejarah adalah pertempuran besar di Surabaya antara pasukan Indonesia dengan tentara penjajah.

Dalam pertempuran tersebut, banyak pejuang Indonesia yang gugur dan berkorban nyawa. Oleh karena itu, tanggal 10 November dipilih sebagai hari untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang dalam pertempuran tersebut, serta para pahlawan lainnya yang telah berperan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Komentar atas Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License