Mahasiswa Belajar Mengolah Sampah di Kanutan

Administrator 16 Oktober 2023 11:01:12 WIB

Mahasiswa magang dari jurusan Antropologi UGM dan Insitut Teknologi Yogyakarta (ITY) berkunjung ke Kanutan pada Sabtu (14/10/2023). Para mahasiswa datang bersama Franziska Fennert dari Monumen Antroposen/Indonesian Upcycle Forum.  Mereka mengunjungi tempat pengolahan sampah zero waste di padukuhan Kanutan yang diberi nama Pawuhan SAPU LIDI. 

SAPU LIDI sendiri merupakan program yang dibentuk pada bulan Januari tahun 2023 lalu. Program ini diinisiasi E. Wahyu Wijanarko sebagai Dukuh Kanutan bersama dengan mahasiswa KKN dari UAD kala itu. Kini SAPU LIDI menjadi organisasi pengelolaan dan pengolahan sampah terpadu di Sumbermulyo yang sudah terkenal di berbagai kalangan masyarakat dan akademis.

Pada kesempatan Sabtu itu juga ada pengolahan pupuk organik kompos dari sampah bersama lurah Ngargogondo magelang. Pawuhan SAPU LIDI sudah bekerjasama dengan banyak pihak sejak ditutupnya TPA Piyungan, Bantul. Bahkan hal ini menjadi salah satu imbas positif dari penutupan TPA tersebut. Pengolahan sampah ini pula merupakan aksi nyata dalam mendukung program Bupati Bantul yakni Bantul Bersih 2025 (Bantul Bersama).

Komentar atas Mahasiswa Belajar Mengolah Sampah di Kanutan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License