Apel Pagi 15 Mei 2023

Administrator 15 Mei 2023 08:55:28 WIB

Dalam apel pagi kali ini, Senin (15/05/2023) Bertindak sebagai Pembina Apel adalah Jagabaya Kalurahan Sumbermulyo, Astriyono, SH. Beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan optimalisasi Jaga Warga yang sudah terbentuk sejak masa pandemi Covid-19 dua tahun silam. 

Program Jaga Warga sendiri merupakan inisiatif untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar melalui partisipasi aktif warga. Program Jaga Warga melibatkan partisipasi masyarakat dan pemerintah mendorong warga untuk membentuk kelompok keamanan warga yang bertugas untuk memantau lingkungan sekitar, melaporkan kegiatan mencurigakan, dan berkolaborasi dengan pihak kepolisian atau instansi terkait lainnya.

Selain tentang Jaga Warga, Pembina Apel juga menerangkan tentang dibentuknya Rumah Mediasi, dimana secara struktural melibatkan jajaran kepemerintahan kalurahan dan dukuh dari setiap padukuhan. Mediasi sendiri adalah suatu metode alternatif penyelesaian sengketa di mana pihak yang terlibat dalam konflik atau perselisihan bekerja sama dengan seorang mediator netral untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Rumah Mediasi bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang nyaman, netral, dan kondusif bagi para pihak yang terlibat dalam sengketa. Ini memberikan tempat yang aman dan terpisah dari lingkungan pengadilan formal di mana para pihak dapat berinteraksi dengan mediator dan mencari solusi yang dapat diterima bersama.

Dengan adanya Rumah Mediasi ini diharap setiap permasalahan di masyarakat bisa diutamakan untuk ditempuh jalan damai sehingga meminimalisir konflik dalam masyarakat.

Komentar atas Apel Pagi 15 Mei 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License