Musyawarah Kalurahan Khusus Penentuan BNBA Penerima Manfaat BLT-DD Tahun 2022

Administrator 24 Februari 2022 10:14:54 WIB

Perpres nomor 104 yang tertanggal 29 November 2021 kemarin memberikan perubahan signifikan terhadap pengelolaan Dana Desa (DD) untuk Tahun Anggaran 2022 ini. Pada awalnya pihak Pemerintah Kalurahan Sumbermulyo sebagaimana di seluruh Kabupaten Bantul merasa kaget dengan Peraturan Presiden yang mendadak itu. Betapa tidak, peraturan itu terbit pada akhir tahun anggaran dimana laporan penggunaan anggaran dan rencana anggaran tahun berikutnya sudah selesai disusun. Namun semua ternyata harus melakukan perubahan karena perpres tersebut mengatur dan menentukan secara langsung alokasi penggunaan dana dalam proses pemerintahan di desa.

Dijelaskan dalam Perpres nomor 104 bahwa setidaknya 40% dari Dana Desa harus dialokasikan untuk masyarakat dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT). Meskipun kriterianya sudah ditentukan, akan tetapi bukanlah hal yang mudah untuk menentukan nama dan alamat atau By Name By Address (BNBA) calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari BLT-DD tersebut. Untungnya, hal ini pernah terjadi di tahun sebelumnya dan Pemerintah Kalurahan Sumbermulyo pun telah memiliki metode dan sistem tersendiri berdasarkan pengalaman dari pelaksanaan yang lalu. Oleh karena itulah, setelah dilaksanakan Musyawarah Padukuhan (Musduk) di minggu pertama Januari, maka dilaksanakanlah Musyawarah Kalurahan pada hari Ahad (23/01). Musyawarah Kalurahan ini khusus untuk membahas BNBA calon KPM BLT-DD yang akan disalurkan setiap bulan selama tahun 2022.

Musyawarah dihadiri oleh Seluruh jajaran Pemerintahan Kalurahan Sumbermulyo, dengan para dukuh dan perwakilan masyarakat disertai Kapolsek Bambanglipuro, Danramil Bambanglipuro, dan unsur Kapanewon. Secara umum musyawarah ini membahas kembali mengenai daftar nama-nama calon penerima manfaat BLT-DD, perubahan data, dan lainnya sehingga akhirnya didapatkan daftar fix yang disepakati untuk menjadi KPM BLT-DD. Musyawarah berjalan cukup tertib dengan antusiasme setiap perwakilan padukuhan, dan meskipun diguyur hujan deras di luar gedung aula Kalurahan, tidak ada gangguan apapun secara teknis. Harapannya, penyaluran BLT-DD ini nantinya bukan hanya memenuhi kewajiban menjalankan instruksi dari Pemerintah Pusat, namun juga memberi manfaat yang sebenarnya kepada warga masyarakat Sumbermulyo pada khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya.

Komentar atas Musyawarah Kalurahan Khusus Penentuan BNBA Penerima Manfaat BLT-DD Tahun 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License