Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) muncul di Rt 05 dan Rt 04 Gersik Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bamba

Administrator 21 Februari 2020 09:20:24 WIB

 

Pihak Dinas Kesehatan Bantul, melakukan Foging. Tindakan foging dilakukan karena adanya warga yang terserang DB.

Data dari Puskesmas Bambanglipuro di Dusun Gersik bulan Februari ada 5 orang yang terkena DBD, masing-masing Alisa (2 th), Ahnaf (10 bln), Ahta (3 th) Saidi (55th) dan Nugraha (28 th). Kelima warga tersebut berasal dari RT yang sama yakni RT 05 Pedukuhan Gersik.

Lurah Desa Sumbermulyo Dra Ani Widayani, M.IP , mengatakan : " Pemberantasan wabah DBD, tidak akan berhasil tanpa peran serta warga dalam menjaga kebersihan Lingkungan, Salah satunya dengan kegiatan 3 M."

Senada dengan Lurah desa Sumbermulyo, Carik Desa Sumbermulyo, Totok dwi Hermawan, ST saat mendampingi foging mengatakan : " Dengan kejadian ini diharapkan masyarakat selalu waspada dan harus selalu menggalakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) , minimal 1 Minggu sekali".

"Yakni dengan kegiatan 3 M, Menutup tempat-tempat penampungan air, Menguras bak atau tampungan air, dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air," Jumat (21/2)

Gerakan PSN di Desa Sumbermulyo tambah Totok sudah kita jadwalkan setiap minggu di enam belas Dusun di Desa Sumbermulyo.

Gerakan diikuti oleh lintas sektoral, yakni pihak Kecamatan, Puskesmas, Babinsa, Babinkamtipmas, Desa, Bidan, Kader kesehatan serta Jumantik (Juru Pemeriksa Jentik).

"Minggu kemaren sudah kita laksanakan foging di Dudun Jogodayoh dan Minggu ini di lakukan foging di Dusun Gersik," katanya.

Untuk masyarakat diharapkan bisa selalu melakukan PSN di rumah dan lingkungannya masing-masing.

"Dengan PSN, jentik nyamuk diharapkan tidak bisa berkembang menjadi nyamuk dewasa, sehingga penyakit yang disebabkan oleh nyamuk bisa berkurang", Lanjutnya. (*ydw)

Dokumen Lampiran : Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) muncul di Rt 05 dan Rt 04 Gersik Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul. 8 warga dilaporkan positif terkena.


Komentar atas Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) muncul di Rt 05 dan Rt 04 Gersik Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bamba

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License